Contoh Proposal Hari Musik Nasional

Setiap tanggal 9 Maret setiap tahunnya, masyarakat Indonesia memperingati Hari Musik Nasional sejak tahun 2013. Beragam kegiatan yang berkaitan dengan musik digelar seperti yang dirancang dalam contoh proposal Hari Musik Nasional.

Kegiatan yang baik tentunya sudah dirancang dan memiliki proposal yang juga baik. Hal ini yang menjadi pondasi awal bagi kegiatan yang sudah direncanakan karena urusan yang berkenaan dengan pihak-pihak tertentu menjadi lebih mudah.

Pengertian Proposal

Pengertian Proposal

Perencanaan suatu kegiatan tertuang secara jelas dan mendetail di dalam sebuah dokumen yang bernama proposal. Definisi dari proposal ini sendiri secara umum adalah sebuah rencana yang dituangkan ke dalam rancangan kegiatan atau kerja secara tertulis.

Proposal harus dibuat dalam bentuk yang baik dan jelas karena nantinya akan diajukan kepada pihak-pihak tertentu. Umumnya, pihak yang dituju untuk diberikan proposal adalah pihak yang memiliki kewenangan tertentu atau berupa badan resmi.

Baca juga: Contoh Proposal Hari Batik Nasional

Tujuan Pembuatan Sebuah Proposal

Tujuan Pembuatan Sebuah Proposal

Dalam pembuatan proposal, tentu saja ada tujuan-tujuan yang ingin dicapai oleh pihak yang membuat dan mengajukannya. Beberapa tujuan pembuatan proposal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan persetujuan ataupun izin dari pihak yang memiliki wewenang untuk mengadakan atau melaksanakan suatu kegiatan.
  • Mendapatkan proyek-proyek tertentu yang berkenaan dengan pemerintah atau untuk melakukan lelang terhadap proyek terkait.
  • Mendapatkan bantuan dana yang dibutuhkan untuk mengadakan suatu kegiatan dari pihak yang diajak untuk menjadi sponsor.
  • Mendapatkan dukungan untuk melakukan kegiatan dalam bentuk apapun, mulai dari fasilitas atau kemudahan dalam pelaksanaan kegiatan.
  • Mendapatkan izin usaha atau bisnis, dan mendapatkan rekan bisnis yang bisa diajak kerja sama.

Tujuan proposal yang berbeda tentunya akan membutuhkan jenis proposal yang berbeda pula sehingga isi serta bentuk dari proposal tidak akan sama.

Tentang Peringatan Hari Musik Nasional

Indonesia dan musik sepertinya sudah menjadi bagian yang sulit terpisahkan mengingat setiap daerah memiliki musik yang berbeda-beda. Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak suku dan budaya tentu mempunyai segudang referensi musik terutama musik daerah.

Tak hanya itu, Indonesia juga memiliki beragam lagu wajib nasional yang sering dinyanyikan saat upacara bendera. Masyarakat Indonesia sendiri juga sudah dekat dengan musik karena hampir setiap acara atau perhelatan yang digelar selalu melibatkan musik.

Pada tahun 2013, PAPPRI atau Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia memberikan usulan mengenai Hari Musik Nasional. Kemudian, melalui Keputusan Presiden Nomor 10 ditetapkan bahwa tanggal 9 Maret akan diperingati sebagai Hari Musik Nasional.

Dipilihnya tanggal 9 Maret sebagai peringatan Hari Musik Nasional dimaksudkan untuk menghormati W. R. Supratman sebagai penulis lagu Indonesia Raya. Namun, ternyata secara resmi sebenarnya tanggal lahir dari W. R. Supratman adalah tanggal 19 Maret 1903.

Hal itu sudah tertuang di dalam Putusan Pengadilan Negeri Purworejo pada tanggal 29 Maret 2007. Tetapi itu tidak menjadi masalah mengingat pada akhirnya peringatan Hari Musik Nasional berlaku secara umum sebagai wujud kedekatan budaya Indonesia dengan musik.

Oleh karena itu, Hari Musik Nasional juga dijadikan momen untuk mengangkat kembali musik-musik nasional dan daerah agar tidak tergerus musik-musik modern.

Baca juga: Contoh Proposal Hari Kesehatan Nasional

Contoh Proposal Hari Musik Nasional

Jika hendak mempersiapkan acara musik untuk memperingati Hari Musik Nasional, berikut ini adalah beberapa contoh proposal yang bisa dijadikan referensi:

Memeriahkan Hari Musik Nasional yang jatuh setiap tanggal 9 Maret dapat dilakukan dengan membuat acara-acara musik. Beberapa contoh kegiatan atau acara yang berkaitan dengan festival musik dapat dilihat dalam contoh proposal Hari Musik Nasional yang ada di artikel ini.

Photo of author

Adit

Pemuda yang biasa berkutik dengan Proposal sehingga sudah paham bagaimana cara membuat berbagai proposal yang baik dan benar.