Contoh Proposal Drainase Desa

Pembangunan drainase merupakan hal penting karena peranan yang dimilikinya. Drainase bisa menjadi solusi bagi permasalahan terutama dalam mencegah terjadinya banjir. Mengetahui contoh proposal drainase desa tentu sangat berguna dalam membantu menyusun proposal.

Setiap pembangunan proyek seperti halnya dalam pembangunan drainase desa membutuhkan sebuah proposal sebagai bahan untuk mengajukan pembangunan tersebut kepada pihak terkait. Jadi penting sekali untuk mengetahui cara membuat proposal yang baik dan benar.

Pengertian Proposal

Pengertian Proposal

Proposal yaitu bisa disebut sebagai sebuah karya yang didalamnya menjelaskan mengenai rencana dan juga tujuan dari suatu kegiatan, sehingga pembaca bisa mengetahui rincian atau gambaran dari kegiatan yang akan dilaksanakan.

Maka dari itu, pembuatan proposal berguna dalam memberikan informasi yang jelas dan menyeluruh mengenai maksud serta tujuan dari pembuatan proposal tersebut.

Penyusunan proposal harus memperhatikan setiap kalimat yang digunakan. Gunakan kata-kata yang jelas dan tidak ambigu agar pembaca tidak bingung mengenai isi dari proposal. Jadi bisa lebih mudah untuk dipahami.

Proposal bisa dikatakan sebagai suatu rencana pelaksanaan kegiatan yang dinyatakan dalam bentuk tulisan, yang dibuat sedemikian rupa dengan memperhatikan berbagai format dan sistematika yang ada.

Baca juga: Contoh Proposal Pembangunan Balai

Manfaat Pembangunan Drainase Desa

Manfaat Pembangunan Drainase Desa

Pengertian dari drainase yaitu sebuah sistem pembuangan untuk massa air, dimana bisa terbentuk secara alami ataupun buatan yang terdapat di permukaan tanah atau di bawah permukaan tanah dalam suatu tempat.

Drainase juga bisa disebut sebagai sistem yang berguna dalam mengatur jalur dari keluar atau masuknya aliran air. Peran dari drainase sangat penting. Terutama pada wilayah yang memiliki curah hujan yang tinggi, karena wilayah tersebut memiliki potensi terjadi banjir lebih besar.

Maka dari itu, salah satu solusi yang bisa dilakukan yaitu dengan membuat drainase yang baik. Sistem drainase bisa terbilang atau tergolong baik apabila memiliki hubungan yang sistematik antara yang satu dengan lainnya, sehingga air akan mengalir dengan baik tanpa ada hambatan.

Jadi apabila suatu tempat mengalami kelebihan air maka akan tetap bisa dialirkan dengan baik pada jalurnya. Kelebihan dari air yang mengalir tersebut nantinya bisa berakhir di sungai, sumur, danau, laut ataupun sarana dari resapan air lainnya.

Penting sekali untuk membangun drainase desa untuk mencegah berbagai persoalan dalam air. Sistem drainase yang kurang baik dan tidak dapat berfungsi optimal bisa menjadi salah satu sebab adanya suatu bencana. Nah, ini tentunya akan berdampak kepada masyarakat sekitar.

Fungsi penting dari drainase yaitu sebagai berikut:

  • Mencegah terjadinya genangan air di suatu daerah, karena air di dalamnya tidak bisa mengalir dengan baik sehingga bisa bebas dari banjir ataupun erosi.
  • Menyediakan sistem dari tata guna lahan yang memiliki kualitas baik dan bisa berfungsi secara optimal.
  • Mengurangi terjadinya kerusakan pada struktur tanah yang diakibatkan karena adanya pembangunan dari jalan ataupun bangunan.
  • Mengurangi terjadinya resiko munculnya berbagai jenis penyakit sebagai dampak dari adanya sanitasi yang buruk. Contohnya yaitu malaria, demam berdarah, disentri dan lain sebagainya.
  • Menambah umur ekonomis dari sarana-sarana fisik yang ada seperti kawasan pemukiman dan jalan.
  • Menjaga kualitas lingkungan hidup dan menjaga alam.
  • Melaksanakan konservasi sumberdaya air.

Baca juga: Contoh Proposal Pengajuan Dana Pembangunan yang Baik

Contoh Proposal Drainase Desa

Sebelum melakukan pembangunan drainase desa, tentu harus mengajukan proposal terlebih dahulu kepada pihak terkait. Berikut ini merupakan contoh dari proposal drainase desa yang bisa menjadi sebuah pedoman penyusunan proposal:

Pembuatan proposal dalam mengajukan proyek pembangunan tentu harus dibuat sebaik mungkin. Maka dari itu, perlu sebuah pedoman yang bisa menjadi acuan dalam proses pembuatannya, yaitu bisa dengan melihat contoh proposal drainase desa di atas.

Photo of author

Adit

Pemuda yang biasa berkutik dengan Proposal sehingga sudah paham bagaimana cara membuat berbagai proposal yang baik dan benar.