Contoh Proposal Penelitian Akuntansi Sederhana

Contoh proposal penelitian akuntansi menjadi hal penting yang harus diketahui bagi Anda yang bekerja dalam bidang akademis. Proposal penelitian sendiri merupakan sebuah dokumen yang dibuat dengan tujuan untuk mengajukan proyek penelitian, baik dalam bidang akademis maupun sains.

Dokumen yang satu ini penting untuk dibuat agar mendapat persetujuan secara langsung dari pihak terkait dan juga dukungan dari pihak sponsor ataupun pihak yang lainnya. Maka dari itu, penting untuk mengetahui contoh dan pembahasannya yang akan kami sampaikan pada artikel berikut ini.

Pengertian Proposal

Pengertian Proposal

Menurut KBBI, pengertian proposal secara umum merupakan suatu rencana secara terperinci yang disampaikan dalam bentuk rancangan kerja tertulis. Dalam sebuah proposal, Anda bisa melihat secara detail mengenai kegiatan yang ingin dilaksanakan.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui rincian dana yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan itu sendiri. Proposal sendiri sebenarnya terbagi dalam beberapa jenis, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Proposal penelitian, merupakan sebuah proposal yang biasa digunakan dalam bidang akademis. Contohnya adalah proposal penelitian untuk tesis, skripsi dan lain sebagainya.
  • Proposal kegiatan, merupakan proposal yang digunakan untuk melakukan kegiatan atau acara. Contohnya seperti acara pameran, pentas seni dan lainnya.
  • Proposal bisnis, merupakan proposal yang berkaitan erat dengan masalah bisnis baik itu bisnis perorangan maupun Contohnya, proposal menjalin kerjasama antar perusahaan, proposal untuk mendirikan bisnis atau usaha, dan lain sebagainya.
  • Proposal proyek, merupakan proposal yang digunakan dalam dunia usaha atau bisnis. Proposal ini berisi tentang rencana kegiatan pembangunan mulai dari awal sampai akhir.

Pengertian Penelitian Akuntansi

Pengertian Penelitian Akuntansi

Sebelum bagikan contoh proposal penelitian akuntansi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu pembahasan mengenai penelitian akuntansi. Metode penelitian sendiri merupakan suatu cara ilmiah yang biasa digunakan untuk memperoleh kumpulan data dan memiliki tujuan yang tertentu.

Sedangkan penelitian akuntansi bisa diartikan sebagai metode atau cara ilmiah yang tepat untuk memperoleh data secara valid, objektif dan reliabel, yang dimana tujuannya bisa ditemukan, dibuktikan secara nyata sehingga bisa digunakan untuk mengatasi segala permasalahan dalam bidang akuntansi.

Topik penelitian akuntansi keuangan berkaitan erat dengan yang namanya saham, obligasi, dan lain sebagainya. Bisa disimpulkan jika referensi suatu penelitian didominasi oleh buku akuntansi ataupun jurnal akuntansi maka penelitian ini masih termasuk dalam penelitian akuntansi.

Sedangkan untuk lingkup penelitian akuntansi meliputi beberapa bidang penting, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Sistem informasi akuntansi
  2. Auditing
  3. Akuntansi Keuangan atau AK
  4. Akuntansi Manajemen atau AM
  5. Akuntansi Sektor Publik
  6. Perpajakan
  7. Investasi dan Pasar Modal
  8. Topik-topik lainnya

Untuk topik lainnya yang dimaksud disini dan tidak termasuk dalam 7 kategori di atas, seperti misalnya lingkungan yang berhubungan dengan akuntansi pendidikan, sejarah akuntansi, profesi akuntansi, akuntansi dan hukum, lingkungan kerja, psikologi serta lain sebagainya.

Contoh Proposal Penelitian Akuntansi Sederhana

Contoh Proposal Penelitian Akuntansi Sederhana

Bagi Anda yang bingung mengenai cara menyusun proposal penelitian akuntansi maka bisa simak contoh berikut ini. Kami disini akan bagikan beberapa contoh proposalnya, Anda pun tidak perlu lagi menyusun narasi karena tinggal Anda tiru dan edit dengan mudah sesuai kebutuhan.

Anda bisa mendapatkan beberapa contoh proposal penelitian ini dalam bentuk PDF dengan cara mendownloadnya melalui link yang kami bagikan berikut ini:

Di atas adalah beberapa contoh proposal penelitian akuntansi yang dapat kami bagikan kali ini. Anda bisa pilih salah satu dan mengeditnya jika masih kurang sesuai. Semoga dapat membantu.

Kunjungi juga:

Photo of author

Adit

Pemuda yang biasa berkutik dengan Proposal sehingga sudah paham bagaimana cara membuat berbagai proposal yang baik dan benar.