Contoh Proposal Permohonan Bantuan Ternak Kambing 2022

Ada banyak jenis bisnis yang bisa dicoba dan ternak kambing mungkin bisa dijadikan pilihan bagi orang-orang yang memang berminat dengan dunia peternakan. Bersamaan dengan ini, melihat contoh proposal ternak kambing juga dibutuhkan untuk mengajukan bantuan dana kepada pihak-pihak tertentu.

Jika jumlah kambing yang diternak hanya satu atau dua ekor maka biaya yang dibutuhkan untuk perawatan dan pakan tentu tidak banyak. Namun jika jumlah kambingnya puluhan misal, maka permohonan dana biasanya dibutuhkan dan untuk itu perlu membuat serta mengajukan proposal terlebih dahulu.

Pengertian Proposal

Pengertian Proposal

Sebagian masyarakat umum mungkin memahami proposal sebagai salah satu dokumen yang ada dalam dunia bisnis dan pendidikan. Namun sebenarnya, proposal dibutuhkan di berbagai bidang termasuk pengajuan biaya pembuatan kandang kambing atau perawatannya.

Definisi dari proposal sendiri adalah sebuah dokumen berisi usulan kegiatan dalam bentuk teks / tulisan untuk sebuah proyek, penelitian, atau juga permohonan bantuan dana untuk suatu kegiatan/proyek/penelitian/usaha.

Berdasarkan definisi di atas, dapat dikatakan bahwa proposal memiliki makna yang luas, atau tidak hanya ada di lingkup pendidikan saja. Adapun dua tujuan utama dari dari dibuatnya proposal untuk usaha peternakan kambing dengan jumlah besar adalah sebagai berikut:

  • Mendapat izin dari pihak yang berwenang untuk menjalankan sebuah usaha peternakan kambing di suatu lokasi.
  • Meyakinkan para investor atau donatur untuk memberikan bantuan dana agar usaha tersebut dapat dijalankan sesuai dengan rencana yang sudah terlampir di dalam proposal yang diajukan.

Sekilas Tentang Ternak Kambing

Sekilas Tentang Ternak Kambing

Kambing menjadi salah satu hewan yang banyak diternak di Indonesia mengingat bahwa dagingnya cukup banyak dibutuhkan bahkan dapat mencapai 350.000 ton per tahun.

Jika peningkatan populasi penduduk di negeri ini sekitar 2% per tahun, lalu populasi kambing lokal sekitar 14% per tahun dan dengan perkiraan kemampuan masyarakat untuk mengkonsumsi daging kambing sekitar 1 gr per hari maka diperkirakan akan membutuhkan sekitar 1.265 ton daging kambing per hari.

Namun ternyata, pasokan daging kambing dalam negeri sampai saat ini masih termasuk tidak dapat mencukupi permintaan pasar tersebut, yang pada akhirnya membuat para pedagang mengambil daging kambing import alias dari luar negeri.

Mengingat kebutuhan yang tidak sedikit namun dengan pasokan yang tidak banyak, maka bisnis ternak kambing adalah ladang basah bagi para investor dan pengusaha.

Permintaan pasar daging kambing bahkan tidak hanya tinggi tapi juga luas (tidak terpatok pada satu daerah / wilayah saja), sehingga tidak sulit untuk mendapat pembeli.

Maka dapat dikatakan bahwa bisnis ternak kambing di Indonesia cukup menggiurkan untuk dicoba dan bahkan masuk dalam kategori bisnis long lasting atau bersifat jangka panjang, alias bukan musiman. Namun, bisnis yang besar tentu membutuhkan modal yang juga besar.

Tapi jangan khawatir, modal besar ini tidak harus didapat seluruhnya dari kantong pribadi namun bisa menggaet para investor, dan salah satu kunci sukses untuk mendapat investor atau pihak lain yang bersedia mengucurkan dana adalah dengan mengajukan proposal yang meyakinkan.

Contoh Proposal Permohonan Bantuan Ternak Kambing 2022

Contoh Proposal Permohonan Bantuan Ternak Kambing 2022

Agar nantinya dapat membuat proposal yang bagus dan bisa meyakinkan para donatur, berikut adalah beberapa contoh proposal ternak kambing secara lengkap dari judul hingga penutup dalam bentuk file PDF:

Ada banyak hal yang perlu disiapkan untuk memulai peternakan kambing dalam skala besar mulai dari memilih jenis kambing, menyiapkan lahan dan kandang, memahami cara beternak yang benar, dan melihat contoh proposal ternak kambing agar bisa membuat proposal yang bagus untuk diajukan ke donatur.

Kunjungi juga:

Photo of author

Adit

Pemuda yang biasa berkutik dengan Proposal sehingga sudah paham bagaimana cara membuat berbagai proposal yang baik dan benar.